Timnas U-22 Pulang sebagai Pahlawan: Arak-arakan Kirab Juara Menyita Perhatian Netizen

Avatar photo

- Pewarta

Jumat, 19 Mei 2023 - 12:52 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bus yang mereka tumpangi memulai konvoi, diikuti oleh atlet-atlet dari cabang olahraga lain seperti Timnas Basket Putri yang meraih medali emas SEA Games untuk pertama kalinya

Bus yang mereka tumpangi memulai konvoi, diikuti oleh atlet-atlet dari cabang olahraga lain seperti Timnas Basket Putri yang meraih medali emas SEA Games untuk pertama kalinya

HARIANINDONESIA.COM – Konvoi kemenangan Timnas U-22 memulai perjalanan mereka tepat pukul 08.00 WIB. Dipimpin oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan Menpora, Dito Ariotedjo, konvoi dimulai dari kantor Kemenpora, (19/5/23).

Timnas U-22 Indonesia, yang baru saja meraih gelar juara SEA Games 2023 dengan mengalahkan Thailand 5-2 dalam final pada Selasa (16/5/2023), dianggap sebagai pahlawan ketika mereka kembali ke Tanah Air.

Kirab juara, yang biasanya merupakan bentuk apresiasi dari Kemenpora kepada atlet-atlet yang telah mencapai prestasi di SEA Games, terutama Timnas U-22 Indonesia, mendapat respons yang beragam dari netizen.

Rute arak-arakan Timnas U-22 dimulai dari kantor Kemenpora, menuju jalan Jenderal Sudirman, memutar di bunderan Hotel Indonesia, kembali ke arah Senayan, dan berakhir di Parkir Timur, GBK Jakarta.

Dalam acara arak-arakan ini, sejumlah atlet turut serta, termasuk Timnas Basket Putri yang meraih medali emas SEA Games untuk pertama kalinya.

Namun, sorotan terbesar jatuh pada Timnas U-22 Indonesia, yang berhasil menyumbangkan emas SEA Games setelah menantikan selama 32 tahun.

Respon netizen terhadap arak-arakan ini terbagi. Sebagian besar merespons dengan antusias, sementara ada juga yang merasa netral atau bahkan mencemooh.

“Senang banget melihat suasana konvoi yang ramai! Terima kasih kepada Timnas Indonesia yang telah menjadi juara! tulis seorang netizen dengan penuh kegembiraan.

“Selamat pagi! Semangat untuk arak-arakan bersama Timnas Indonesia,” kata netizen lain yang menyambut positif penyambutan atlet-atlet Indonesia, termasuk para pemain sepak bola.

Di sisi lain, ada netizen yang protes karena acara arak-arakan ini menyebabkan kemacetan.

“Hari Jumat tanpa arak-arakan saja sudah macet luar biasa, ini ditambah lagi,” kata seorang warganet dengan ketidaksenangan.

“Kenapa arak-arakan ini dilakukan saat jam berangkat kerja? Apakah ini benar-benar penting? Ini hanya akan menambah kemacetan lalu lintas,” ucap seorang pengguna media sosial dengan keheranan.

Polarisasi pendapat tentang arak-arakan ini juga terjadi karena beberapa orang berpendapat bahwa prestasi sepak bola Indonesia hanya terbatas pada tingkat Asia Tenggara, sedangkan cabang olahraga lain telah mencapai tingkat Asia bahkan dunia.

Meskipun demikian, prestasi Timnas U-22 Indonesia menjadi sorotan utama. Anak-anak asuh Indra Sjafri berhasil menyumbangkan medali emas SEA Games untuk pertama kalinya dan mengakhiri penantian selama 32 tahun.

Baca Juga:

Prabowo Subianto Sebut Pertahanan Suatu Negara Tercermin dari Prestasi Olahraga Pemuda – Pemudinya

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Erick Thohir Bareng Gibran Rakabuming Raka Sapa Warga, Dukung Kota Solo Jadi Kota Olahraga

Kesiapan Indonesia Arena untuk FIBA World Cup 2023 Mencapai 99 Persen

Selama acara arak-arakan, Timnas U-22 Indonesia, yang diwakili oleh Marselino Ferdinan dan rekan-rekannya, mendapatkan posisi terdepan dalam barisan.

Bus yang mereka tumpangi memulai konvoi, diikuti oleh atlet-atlet dari cabang olahraga lain seperti Timnas Basket Putri yang meraih medali emas SEA Games untuk pertama kalinya.

Kemenangan Timnas U-22 dalam SEA Games 2023 dengan memperoleh medali emas telah menggembirakan seluruh bangsa Indonesia.

Sebagai bentuk apresiasi, acara arak-arakan diadakan pada Jumat pagi, 19 Mei 2023.

“Acaranya dimaksudkan untuk menghormati semua pemain dan staf tim karena mereka telah memenangkan medali emas SEA Games yang telah ditunggu-tunggu selama 32 tahun,” kata Arya Sinulingga, anggota Komite Eksekutif PSSI, pada Kamis, 18 Mei 2023.

Acara ini direncanakan akan dimulai pukul 08.00 WIB. Rute arak-arakan yang diinformasikan mencakup Kantor Kemenpora – Jalan Gatot Subroto – Putar Turun Semanggi (3 kali) – Jalan Sudirman – Stasiun Dukuh Atas – Bundaran HI – balik arah Jalan Sudirman – VIP Barat Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Masyarakat yang ingin menyaksikan arak-arakan ini dapat berdiri dan menunggu para pemain di sepanjang jalan dari GBK melewati Jalan Sudirman, Bundaran HI, dan kembali ke GBK.

“Acaranya dimaksudkan untuk menghormati semua pemain dan staf tim karena mereka telah memenangkan medali emas SEA Games yang telah ditunggu-tunggu selama 32 tahun,” kata Arya. PSSI telah meminta izin kepada kepolisian untuk menyelenggarakan acara arak-arakan ini.

Arya berharap acara ini dapat berjalan dengan tertib. Acara ini diselenggarakan pada hari Jumat karena para pemain akan pulang ke rumah masing-masing pada sore hari Jumat dan Sabtu.

“Mereka sudah tidak pulang atau bertemu keluarga selama satu setengah bulan.

Bahkan saat Idul Fitri kemarin, mereka masih mengikuti TC (Pemusatan latihan). Jadi, kami sudah berjanji kepada mereka sejak lama bahwa setelah pulang dari Kamboja, mereka bisa langsung pulang,” kata Arya.

Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas terkait acara arak-arakan timnas ini.

Petugas akan ditempatkan di sekitar lokasi untuk mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan. “Tentunya akan ada rekayasa lalu lintas terutama di jalur Sudirman-Thamrin.

Besok juga masih jam kerja, tapi ini adalah hari yang berdekatan dengan hari libur. Mudah-mudahan pengguna mobil berkurang,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Latif Usman.

Menurut Latif, rekayasa lalu lintas tidak hanya dilakukan di sekitar GBK, tetapi juga di jalan-jalan di sekitarnya.

“Kami akan mengatur lalu lintas dari berbagai titik, bukan hanya di Sudirman-Thamrin.

Kami akan mengatur mulai dari Kuningan hingga daerah SCBD, serta dari Slipi, Palmerah, hingga Fatmawati,” ujarnya.

Latif juga mengimbau pengendara yang tidak terlibat dalam acara ini untuk menghindari jalur Sudirman-Thamrin agar tidak menambah kepadatan lalu lintas.

Berita Terkait

Ketua Umum PROPAMI, NS. Aji Martono, Serahkan Piala di Final Tournament Mini Soccer PROPAMI CUP V 2024
16 Tim Insan Pasar Modal Berlaga di Turnamen Mini Soccer V PROPAMI 2024: Semarak HUT Jakarta
Persiapan Menuju Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Hadapi Libia dalam Pertandingan Uji Pertama
Digagas Prabowo, Pemain Hingga Pelatih Sambut Baik Turnamen Sepak Bola U-17 Nusantara Open 2023
PROPAMI Raih Posisi Juara 2 dalam Kompetisi Tenis Meja HUT Pasar Modal
Ketua Umum PSSI Erick Thohir Pastikan Derby Jatim Tetap di GBT, Usai Telepon Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Prabowo Subianto Sebut Pertahanan Suatu Negara Tercermin dari Prestasi Olahraga Pemuda – Pemudinya
Erick Thohir Bareng Gibran Rakabuming Raka Sapa Warga, Dukung Kota Solo Jadi Kota Olahraga
Oke Media Network (OMN) mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release, content placement, dan iklan. Penting untuk instansi, organisasi, dunia bisnis, dan tokoh publik. Kerja sama, hubungi: 08531-5557788

Berita Terkait

Rabu, 10 Juli 2024 - 13:24 WIB

Bahas Seputar Koalisi Partai Politik, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep Sambangi DPP Partai Golkar

Jumat, 5 Juli 2024 - 18:17 WIB

Ini Daftar Lengkap Pengurus hingga Tahun 202 5DPP DPIP, Megawati Lantik Ganjar dan Ahok Sebagai Pengurus

Senin, 1 Juli 2024 - 16:00 WIB

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan Mengaku Memiliki Resep untuk Tingkatkan Elektoral Partai dari Jokowi

Sabtu, 29 Juni 2024 - 11:24 WIB

Presiden Jokowi Dituding Sodorkan Anaknya Kaesang Pangarep pada Pilkada Jakarta, Gerindra Beri Tanggapan

Senin, 24 Juni 2024 - 15:28 WIB

Surya Paloh Sebut Kader NasDem Ahmad Sahroni Punya Kapabilitas tetapi Belum Tentu Soal Elektabilitas

Kamis, 13 Juni 2024 - 09:45 WIB

Partai Demokrat Belum Putuskan Nama Calon Gubernur di Pilkada Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah

Jumat, 17 Mei 2024 - 18:21 WIB

Menangkan Pilkada 2024, Sejumlah Pers Daerah dari Pulau Sumatera hingga Pulau Papua Siap Kolaborasi

Kamis, 25 April 2024 - 18:11 WIB

Di Kediaman Kertanegara, Jakarta Selatan, Prabowo Sambut Sambut Hangat Kedatangan Surya Paloh

Berita Terbaru