Tanamkan Demokrasi pada Siswa, KPU Kota Semarang Gelar Pemilu Sekolah

Jawa Bali
39
0
sample-ad

Indonesiaoke.com, Semarang – Guna menumbuhkan jiwa demokrasi pada siswa, KPU Kota Semarang bekerjasama dengan SMA 3 Kota Semarang mengadakan pemilu sekolah pada Kamis (12/10/2017).

Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono mengatakan, para siswa perlu dilatih menggunakan hak pilihnya di lingkungan sekolah agar nanti jika sudah cukup umur mereka bisa menjadi pemilih ataupun petugas di TPS tempatnya tinggal.

Penyelenggaraan pemilu sekolah sudah ke delapan kali digelar sejak tahun 2011 yang berlangsung di sejumlah sekolah. Tahun ini, penyelenggaraannya bertempat di SMA 3 Semarang. “Ini penting biar nanti jika sudah besar mereka menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Para siswa menyambut dengan antusias kegiatan kali ini. Para siswa ada yang bertugas menjadi panitia, dan ada yang menjadi calon pemimpin mereka di sekolah.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang turut hadir memberikan pengarahan kepada para siswa. Dia menyambut baik kegiatan ini karena ini mampu mempuku jiwa demokrasi dan rasa memiliki negara sejak dini.

“Ada pengalaman menyiapkan proses pemilu, kandidat juga dilatih debat, serta diajarkan hal- hal yang baik dalam berkampanye dalam memajukan sekolah,” ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Ia menambahkan, setiap sekolah harusnya mengadakan kegiatan semacam ini agar jiwa dan juga mental mereka terlatih menghadapi tekanan dalam melakukan kampanye. Gubernur berharap, agar nantinya anak-anak yang sudah lulus SMA bisa berpartisipasi dalam pemilu yang di adakan oleh pemerintah sehingga ada generasi muda yang ikut meramaikan pemilu kali ini. (lif/her)

Facebook Comments