Pesan, Kesan, Visi dan Misi Tiga Pejabat Eselon II Terlantik

Nasional
15
0
sample-ad

Indonesiaoke.com, Jakarta – Plt Sekretaris Jenderal DPR RI Damayanti baru saja melantik tiga pejabat tinggi pratama di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian (BK) DPR RI yakni Djustiawan Widjaya, Djaka Dwi Winarko dan Y.O.I Tahapari di ruang Sekjen DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (14/11/2017). Berikut pesan, kesan, visi, misi, dan berbagai program yang telah dirancang ketiganya di jabatan dan unit kerja barunya.

“Ini luar biasa. Mengikuti proses ini, dari seleksi sampai hari ini sepanjang karir saya. Jika dikatakan visi dan misi, saya ingin semuanya semakin cepat. Jika sebelumnya top speednya 50, sekarang 100 lah. Saya ingin membangun Setjen dan BK DPR RI ini mampu secara maksimal mendukung kegiatan dewan. Dalam beberapa proses assessment kemarin dan di setiap saya menempati tempat baru selalu mengedepankan mapping. Karena dalam mapping ini bisa ditemukan sebuah kesalahan atau kekurangannya dimana dan apa yang terjadi. Dari sana saya bisa menyimpulkan pola penyelesaiannya seperti apa,” ungkap Kepala Biro Umum yang baru saja dilantik, Djustiawan Widjaya.

Sementara itu Kepala Biro Pemberitaan Parlemen yang baru saja dilantik, Y.O.I Tahapari mengatakan bahwa mutasi dalam tubuh sebuah organisasi adalah hal yang biasa dalam sebuah organisasi. Organisasi yang sehat itu harus ada perpindahan atau mutasi. Sehingga semua pegawai dan pejabat memiliki tanggung jawab untuk membangun organisasi itu, termasuk dirinya.

Meski sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Kesekretariatan Pimpinan DPR RI, namun Hani, begitu Y.O.I Tahapari biasa disapa, pernah berdekatan dengan bidang kehumasan saat dirinya bertugas dalam penerimaan delegasi masyarakat. Pengalaman tersebut secara tidak langsung dapat menjadi modal awal baginya untuk memimpin Biro Pemberitaan Parlemen yang notabene juga berdekatan dengan masyarakat dan media massa.

Ia berharap ke depan dapat bekerja sama dengan seluruh elemen untuk dapat meningkatkan kinerja Biro Pemberitaan Parlemen sebagai bagian dari supporting system Pimpinan dan Anggota DPR RI.

Sedangkan Kepala Biro Kesekretariatan Pimpinan DPR RI, Djaka Dwi Winarko mengaku bahwa mutasi sebuah jabatan merupakan challenge atau tantangan baginya. Dari sisi pengalaman, Djaka pernah menjabat sebagai eselon tiga (Kepala Bagian TU Pimpinan Wakil Ketua DPR Korpolkam, Sutardjo Suryoguritno). Sehingga dari sisi lingkungan kecil dirinya sudah memiliki pengalaman dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada pimpinan dan anggota DPR RI.

Meski demikian ia mengakui setiap waktu dan tempat tantangannya berbeda, namun bagaimana sebagai supporting system memberikan pelayanan yang optimal kepada dewan. Sehingga dewan bisa menjalankan tiga fungsinya, itu saya kira bagi saya, kepercayaan yang harus dibayar ditunaikan dengan seoptimal mungkin.

“Saya tentu akan orientasi lebih dahulu di lingkungan unit kerja saya, tidak boleh lama, saya akan bertemu dengan seluruh unit bagian. Karena setiap waktu, setiap masa, setiap tempat tantangannya berbeda, justru inilah yang memacu kita harus kuat, tentu dengan cara bertanya, belajar dan open mind. Pengalaman kemarin di Biro Pemberitaan Parlemen sangat berharga, dan Pemberitaan Parlemen memang unik, karena usernya, selain pimpinan anggota dewan, Sekjen, BKD dan wartawan, serta masyarakat. Dan selama ini saya menilai hal itu sudah on the track. Pesan saya untuk seluruh elemen di Pemberitaan Parlemen, jadilah kita sebagai dari solusi, kita harus berkontribusi, belajar dan belajar pada lembaga.  Dan tak lupa selalu open mind. Kalau itu semua kita pegang Insyallah apa yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik,” pungkas Djaka. (nwi)

sample-ad

Facebook Comments