Masyarakat Ingat ORARI, Kalau Terjadi Bencana

Digital
48
0
sample-ad

Indonesiaoke.com, Jakarta – ORARI hanya diingat ketika terjadi bencana, demikian disampaikan Suryo Susilo, Sekjen ORARI disela-sela acara audiensi Pengurus ORARI Pusat dengan Ketua DPR RI (3/7/2018).

ORARI adalah cadangan nasional di bidang komunikasi radio, setiap anggota ORARI harus selalu siap sedia memberikan dukungan komunikasi dengan perangkat yang dimiliki.

Saat terjadi bencana yang menghancurkan infrastruktur telekomunikasi publik sehingga alat-alat komunikasi publik tidak dapat digunakan, anggota ORARI masih bisa terus berkomunikasi dengan perangkat yang sederhana dan menggunakan batery dengan daya yang kecil.

Susilo menambahkan, untuk mendukung komunikasi tanggap darurat dan mitigasi bencana, tim gabungan LAPAN dan ORARI telah berhasil membuat satelit mitigasi bencana yang diberi nama satelit LAPAN A2/ORARI IO-86 yang telah diluncurkan tanggal 28 September 2015 dari Sriharikota, India.

Tahun ini, ORARI memperingati ulang tahunnya yang ke-50 atau tahun emas ORARI dengan tema “From Indonesia to the world”.

“Tema tersebut menunjukkan bahwa di usianya yang ke 50 tahun, keberadaan dan kiprah ORARI semakin dikenal tidak saja secara nasional, melainkan juga secara internasional”, jelas Susilo yang juga adalah Ketua Panitia Peringatan 50 Tahun ORARI.

Dalam rangka HUT ke-50 ORARI mengadakan kegiatan kontes internasional yaitu Special Call YB50AR yang telah berlangsung tanggal 1 sd 30 Juni 2018 yang lalu, diikuti oleh 7.810 amatir radio Indonesia dan 9.932 amatir radio dari 117 negara.

Memperingati tahun emas ORARI, juga diterbitkan Prangko dan Sampul Hari Pertama (SHP) yang kami mintakan kesediaan Bapak Presiden untuk menandatanganinya bersama dengan Ketua DPR RI.

Penandatanganan SHP Peringatan 50 Tahun ORARI oleh Bapak Presiden dan Ketua DPR RI merupakan acara puncak Peringatan 50 Tahun ORARI.

Peringatan 50 Tahun ORARI akan berlangsung sepanjang tahun 2018 dan dimeriahkan dengan kegiatan-kegiatan amatir radio yang diselenggarakan oleh para Pengurus ORARI Daerah di tingkat Provinsi maupun ORARI Lokal di tingkat Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

“Tanggal 18 sd 21 Oktober 2018, ORARI kembali mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan kegiatan internasional, yaitu 46th SEAnet Convention, yang akan berlangsung di Yogyakarta, dan diikuti oleh para amatir radio mancanegara” kata Susilo. (bud)

sample-ad

Facebook Comments