FSAB Mendukung Segera Terbentuknya Dewan Kerukunan Nasional (DKR)

Politik & Hukum
40
0
sample-ad

Indonesiaoke.com, Jakarta – Ketua Forum Silaturahmi Anak Bangsa (FSAB) Suryo Susilo mengharapkan Dewan Kerukunan Nasional (DKN) dapat segera dibentuk, tidak perlu berlama-lama lagi, karena sudah disepakati dalam rapat kabinet.

Susilo sependapat dengan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddidiqie bahwa DKN tidak hanya menyelesaikan konflik yang sedang terjadi, tetapi juga akan menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) masa lalu.

Susilo menambahkan, tidak semua konflik harus diselesaikan dengan pendekatan hukum, karena hukum bersifat kaku, ada yang menang ada yang kalah. Dan bila yang kalah tidak mau menerima kekalahan, konflik tidak selesai, bahkan bisa timbul konflik baru.

“Melalui DKN seharusnya terjadi mekanisme mediasi dengan pendekatan kearifan lokal, tradisi, dan budaya hidup rukun di masyarakat,” kata Susilo.

Menurut Susilo, DKN juga dapat mendorong terjadinya penyelesaian di luar pengadilan terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM di masa lalu.

“Saya berharap, Presiden dapat segera menandatangani Keppresnya, karena kalau konflik yang terjadi kita biarkan saja, ditambah dengan kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu yang tidak kunjung diselesaikan,” katanya.

Apalagi, tambahnya, banyak potensi konflik-konflik yang mungkin terjadi pasca Pilkada, Pileg dan Pilpres, tentu sangat membahayakan keutuhan negara kita.

“Saya percaya, sebagai bangsa yang memiliki budaya mengambil keputusan dengan cara musyawarah, tentunya kita juga bisa menyelesaikan konflik dan kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu dengan cara musyawarah,” kata Susilo, seperti dikutip Pusatsiaranpers.com. (vin)

sample-ad

Facebook Comments